Join on Facbook

Bali Charter

PIAGAM BALI (BALI CHARTER)

World Hindu Summit 2012, akhirnya bisa dilaksanakan di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali di Denpasar pada tanggal 9-12 Juni 2012 yang dihadiri oleh tokoh-tokoh Hindu dunia, baik dari perwakilan negara-negara, sampradaya dan organisasi Hindu lainnya. Sedangkan dari Nusantara hadir tokoh-tokoh PHDI seluruh Indonesia, para Sulinggih dan organisasi yang bernafaskan Hindu lainnya. World Hindu Summit 2012 melahirkan sebuah Piagam yang disebut Piagam Bali (Bali Charter) yang menggemakan Harmoni dan Perdamaian ke seluruh dunia. Selain itu, Bali Charter mengamanatkan terbentuknya sebuah organisasi Hindu dunia sebagai payung untuk mensinergikan aktivitas pelayanan dan spiritual organisasi-organisasi Hindu di seluruh dunia. Juga disepakati pembentukan World Hindu Centre sebagai badan pelaksana dari World Hindu Parisad.  Hal ini merupakan berkah dan kemenangan kita dalam berdiplomasi di dunia, juga membuktikan eksistensi dan kapasitas Hindu nusantara di mata dunia.

Isi  dari Piagam Bali (Bali Charter) adalah sebagai berikut :

PIAGAM BALI (BALI CHARTER)

Kami peserta dari World Hindu Summit 2012 yang diadakan di Denpasar Bali, 9 Juni 2012, setelah melakukan pertimbangan yang mendalam, menyatakan dan memutuskan:

  •  Untuk menyatukan aktivitas spiritual dan pelayanan Hindu secara global.
  • Untuk menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan yang diuraikan dalam Sastra Hindu Dharma (Kitab Suci) dan menyerap kebudayaan Hindu yaitu Satyam (Kebenaran), Shivam (Kebijaksanaan) dan Sundaram (Kemurniaan) secara universal.
  • Untuk menyebarluaskan rasa saling menghormati dalam kesejajaran antara para penganut agama-agama.
  • Untuk bekerja mewujudkan rasa saling menghormati untuk kehidupan yang harmonis di dunia.
  • Membentuk World Hindu Parisad, sebuah organisasi yang menyatukan Hindu, mengkoordinasikan seluruh aktivitasnya dan menyebarluaskan Hindu Dharma secara global.
  • Membentuk World Hindu Centre di Bali untuk mewujudkan tujuan tersebut di atas.
  • Kami juga setuju untuk mengadakan World Hindu Wisdom Meet secara berkelanjutan di Denpasar yang diadakan oleh World Hindu Centre.
  • Memberikan kesempatan kepada Parisada Hindu Dharma Indonesia untuk menerima tanggung jawab membentuk komite kerja (Working Committee) dengan dua tugas yaitu:
  1. Mempersiapkan World Hindu Wisdom Meet 2013
  2. Mendesign organisasi World Hindu Parisad

Untuk itu sebagai umat Hindu, kita punya tanggung jawab untuk mengawal Bali Charter di atas menjadi tonggak persatuan umat Hindu di seluruh dunia, ditambah beban amanat yang kita harus pikul bersama yaitu sektretariatnya akan berpusat di Denpasar, Bali.

Kita sadari hal ini tidak mudah, akan tetapi dengan semangat, kerja keras dan persatuan kita, hal-hal yang baik pasti akan terwujud menjadi sebuah kenyataan dan umat Hindu dunia akan bersatu lebih damai dan sejahtera serta menjadi contoh nyata untuk keimanan yang lain (*).

Online Registration

online

FEATURE ARTICLE

Photo Gallery

logo-whp-revisi Bali-Charter-2 Workshop-AS-1 H.H-Swami-Sai-Ravichandran Ida-Pedanda-Putra-Telabah Ida-Pedanda-Sebali-T.Arimbawa dsc_0038 P_20150407_150250.jpg

Link